Tue. Nov 30th, 2021

apa itu website

Dengan berkembangnya dunia digital saat ini, sebuah website sudah menjadi bagian dari kegiatan dan rutinitas dalam berselancar di internet. Hampir setiap hari kita bersinggungan fan menggunakan sebuah website baik untuk mencari artikel, mencari tutorial maupun sekedar mencari hiburan dan berita.

Meskipun sering bersinggungan namun tidak jarang orang yang belum mengerti sebuah website, kita menggunakan facebook untuk bersosial dan menjalin pertemanan di dunia maya, itu adalah sebuah website, ya website sosial media, kita membaca berita berita mulai dari detik, kompas, republika, itu semua website.

Kali ini kita akan lebih mendalami pengertian website beserta jenis dan fungsinya.

Pengertian Website

Website adalah kesatuan dari beberapa halaman yang berisikan artikel atau informasi informasi yang bisa diakses dari berbagai device dan tempat dengan menggunakan internet. Website memiliki alamat atau link untuk di akses yang disebut dengan url. Kita bisa mengakses alamat website atau url sebuah website dengan memasukkan url ke dalam browser kita.

Sebagai contoh website aryadigital.id ini yang sedang anda akses, alamat dari website ini adalah www.aryadigital.id.

Asal usul sejarah dari website

Website pertama kali ditemukan dan dibuat oleh tim berners-lee di akhir tahun 1980, namun baru online di tahun 1991. Awal mula tujuan dibuatnya website oleh Tim Berners-Lee adalah untuk memudahkan mereka dalam bertukar informasi dengan para peneliti di dalam tempat mereka bekerja.

Komponen  dari sebuah website

Sebuah website itu sendiri memiliki beberapa bagian atau komponen dimana satu sama lain saling berkaitan dan merupakan satu kesatuan. Berikut ini 3 komponen dalam sebuah website :

1.Nama Website atau Domain

Ibarat sebuah toko di kehidupan, domain adalah nama dari sebuah toko tersebut, dengan memiliki nama toko maka orang akan mudah mencari dana menemukannya. Begitu juga sebuah website, dengan memiliki sebuah domain maka orang akan mudah mengakses nya dan menemukannya di internet.

Jenis atau macam domain

Domain sendiri memiliki beberapa jenis yang bisa kita bedakan.

  • Top Level Domain atau disingkat TLD

Tipe domain ini banyak kita jumpai di internet. Kebanyakan top level domain yang popular adalah berakhiran .com.net.org. Top Level Domain bisa dimiliki oleh semua orang atau semua individu.

  • Country Code Top Level Domain atau CCTLD

Adalah domain Top Level Domain yang memiliki akhiran berupa sebuah kode dari negara asal sebuah website. Contohnya .id berasal dari Indonesia, .us berasal dari United States dan .jp berasal dari Jepang

  • Generate Top Level Domain atau GTLD

Adalah top level domain yang tidak menggunakan kode negara asal website namun biasanya gtld ini dimiliki oleh sebuah institusi atau organisasi. Contoh nya .org dimiliki oleh sebuah lembaga .edu biasanya digunakan untuk pendidikan .gov dimiliki oleh pemerintahan dan lain sebagainya.

2. Hosting

Kita ibarat kan lagi sebuah toko di dunia offline, toko memerlukan sebuah ruangan untuk tempat menyimpan atau menaruh barang dagangan. Begitu juga sebuah website memerlukan sebuah tempat untuk menyimpan file file informasi dari sebuah domain baik file video, gambar dan lain sebagainya.

Hosting sangat penting perannya bagi sebuah website, karena tanpa adanya hosting maka domain tidak akan bisa digunakan untuk mempublikasikan sebuah informasi.

3. Isi atau Konten

Sebuah website harus memiliki konten atau postingan, konten atau postingan berisi sebuah informasi yang menggambarkan tema atau tujuan dari sebuah website tersebut. Konten dalam sebuah website ada beberapa tipe, bisa berupa teks, gambar maupun video.

Jenis – Jenis Website Berdasarkan Fungsinya.

Website berdasarkan kegunaan atau fungsinya memiliki beberapa jenis yaitu :

1.Blog

Website tipe blog ini berisi konten yang berupa tulisan, video maupun gambar yang digunakan untuk tujuan branding maupun untuk sarana menyalurkan sebuah pikiran maupun ide dari si pemilik website

2. Toko Online

Website ini berfungsi sebagai toko didunia online atau tempat untuk menampilkan display produk produk yang diperjual belikan. Website tipe toko online biasanya ditandai dengan tampilan  foto foto produk dan sebuah nominal harga dari sebuah produk. Tersedia juga deskripsi yang menjelaskan detail dari produk yang ditampilkan.

3. Website  Bisnis

Website tipe ini diperuntukkan untuk tujuan sebuah bisnis atau untuk mengenalkan bisnis yang dimiliki ke calon pelanggan yang ada di internet. Website bisnis juga merupakan sarana branding dari sebuah bisnis dan sekaligus untuk membangun kepercayaan dari calon pelanggan dari bisnis yang dijalani.

4. Website Pemerintahan

Website tipe ini hanya digunakan oleh pemerintah untuk menampilkan segala macam urusan yang berkaitan dengan pemerintahan, mulai dari program kerja, dan lain sebagainnya. Biasanya website tipe ini menggunakan .gov ataupun .go.id

5. Website tipe pribadi

Digunakan untuk sarana branding diri seorang public figur maupun artis, website tipe pribadi juga bisa digunakan untuk sarana menulis pengalaman pengalaman pribadi ataupun kehidupan sehari hari dari si pemiliknya.

6. Website Non Profit.

 Tipe website yang digunakan oleh yayasan masyarakat tanpa profit. Biasanya website ini berfungsi untuk menggalang dana bagi masyarakat. 

Manfaat sebuah website bagi pemiliknya

1. Website pribadi

Bermanfaat untuk menyalurkan ide ide yang terkumpul di kepala agar bisa bermanfaat untuk orang lain dengan menuangkannya ke dalam sebuah tulisan, video maupun gambar dalam website. Website jenis pribadi juga sebagai sarana branding diri supaya bisa dikenal oleh orang lewat konten konten yang diterbitkan di website.

Sebagai sumber pendapatan.

Sebuah website bisa menjadi ladang atau sumber pendapatan bagi pemiliknya dengan memonetisasi website, bisa dengan jalur adsense, endorse dan lain lain.

2. Website bisnis

Bermanfaat untuk tempat mengenalkan produk produk yang dijual, dan sebagai sarana untuk membagun tingkat kepercayaan calon pembeli di internet. Dengan memiliki sebuah website bisnis maka ibarat didunia offline bisnis kita memiliki sebuah kantor pemasaran. Dengan adanya sebuah website maka calon pelanggan akan percaya dan yakin bahwa transaksi yang dilakukan tidak akan merugikannya. Karena bila transaksi yang dilakukan merupakan kebohongan maka pelanggan akan dengan mudah melaporkannya.

3. Website Non-Profit

Bermanfaat untuk menggalang dana dan sekaligus mempermudah bagi masyarakat banyak yang ingin ikut andil dalam membantu sesama yang memang membutuhkan bantuan melalui sebuah yayasan.

4. Website berita

Bermanfaat sebagai sarana untuk menyampaikan kabar terkini mengenai sebuah kejadian dari berbagai penjuru tempat. 

Kesimpulannya adalah , website merupakan sebuah kumpulan kumpulan informasi yang dimiliki oleh perorangan, organisasi maupun pemerintah yang digunakan untuk mengenalkan atau menyampaikan sebuah informasi kepada orang orang yang mengakses Internet. Website mempermudah orang dalam mencari sebuah informasi yang diperlukan atau bahkan menjadi tempat untuk berbagi keterampilan, kemahiran dan ide ide. Website juga bisa menjadi sebuah identitas dari sebuah organisasi maupun sebuah perusahaan.

Itulah pengertian website dan jenis beserta manfaat nya. Semoga bisa menginspirasi kepada teman teman yang sedang atau mau membuat sebuah website baik untuk pribadi ataupun untuk bisnis

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name - City
Membeli Product Time

error: Content is protected !!