Tue. Nov 30th, 2021

Di era saat ini istilah digital marketing pastinya sudah sering kita dengar dalam kehidupan sehari hari. Digital marketing sering dikaitkan dengan kegiatan online atau internet. Untuk mengetahui lebih detail pengertian dari digital marketing mari kita bahas dengan mencari pengertian dari 2 suku kata tersebut. Digital Marketing terdiri dari 2 kata yang bisa kita jabarkan satu persatu, yang pertama Digital adalah suatu bentuk pembaruan dari pemakaian teknologi yang erat kaitannya dengan penggunaan komputer dan Internet. 

Sedangkan marketing atau bisa juga disebut pemasaran adalah suatu bentuk usaha mengupayakan terjadinya transaksi penjualan barang sebanyak banyak nya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Dengan mengetahui pengertian dari kedua suku kata tersebut maka bisa kita simpulkan untuk pengertian digital marketing adalah suatu bentuk usaha untuk menjual atau memasarkan sebuah produk sebanyak banyak nya melalui internet atau secara online.

Cara Kerja Digital Marketing

Sesuai dengan pengertiannya maka cara kerja dari digital marketing adalah semua upaya pemasaran yang dilakukan secara digital melalui internet dengan berbagai media online  baik menggunakan website, media social maupun forum online. Biasanya seorang digital marketing dituntut  untuk memiliki banyak skill atau kemampuan dalam penggunaan media online untuk pemasaran. Mereka bisa membuat sebuah konten artikel bentuk tulisan, video maupun gambar.

Setelah mengetahui pengertian dan cara kerja digital marketing, kini saat nya kita mengetahui apa saja yang termasuk dalam profesi seorang digital marketing.

  1. Penulis Konten ( Artikel Writer )

Jenis digital marketing ini membutuhkan skill dalam mengarang atau membuat sebuah konten artikel sesuai dengan tema yang dipesan atau diminta oleh user. Biasanya kontet writer dibutuhkan oleh situs atau website website berita, ada juga dari perusahaan perusahaan yang memang memakai media digital untuk memasarkan produknya.

      2. Search Engine Optimization Specialist ( SEO Specialist )

Jenis pekerjaan ini membutuhkan skill analisa yang bagus dalam mesin pencarian salah satunya mesin pencarian google. Sang SEO specialist dituntut untuk bisa membuat konten atau website klien tampil di mesin pencarian terutama di halaman pertama mesin pencari.

     3. Web Development

Website tak kalah penting nya dengan sebuah toko bila dalam dunia offline toko adalah wadah atau tempat untuk menjual barang, maka sebuah website juga bisa diartikan sebagai toko atau tempat memajang produk secara online. Oleh karena itu Seorang web development bertanggung jawab untuk membuat website agar tampil dengan desain dan struktur yang selalu terupdate dengan kemajuan dunia digital. Tampilan yang monoton dan kurang indah membuat calon pelanggan enggan untuk berlama lama di website. Sehingga ini bisa membuat perusahaan kehilangan transaksi penjualan.

     4. Social Media Management ( pengelola sosial media )

Pekerjaan ini membutuhkan skill komunikasi dan copywriting yang bagus, sebagai seorang social media management dituntut untuk bisa menaikkan engagement dari sosial media milik perusahaan. Seorang sosial media management juga dituntut untuk bisa berinteraksi dengan para follower media sosial yang ia manage. Dia dituntut kreatif dalam membuat konten yang bisa membuat follower betah dan tetap mengikuti kabar kabar yang di bagikan di media sosial perusahaan.

     5. Video Content Creator ( Kreator konten video )

Seorang video content creator dituntut untuk bisa membuat video menarik dan sekaligus bisa menghantarkan pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan melalui video yang dibuatnya. Skill video content creator membutuhkan kecakapan dalam mengoperasikan kamera maupun software edit video tak jarang juga dia harus memiliki skill public speaking yang bagus karena terkadang sang video content creator juga berperan sebagai aktor yang ada di dalam video nya.

     6. Graphic Designer ( Desain Grafis )

Seorang desain grafis bertugas membuat konten visual dalam bentuk gambar yang akan digunakan untuk mengisi media online baik sosial media maupun website perusahaan. Seorang graphic designer harus memiliki skill pengoperasian software design dan memiliki kreativitas tinggi untuk bisa menerjemahkan pesan ke dalam bentuk visual gambar yang menarik.

Kelebihan Digital Marketing

Sebagai profesi yang mengandalkan internet, Digital marketing bisa dilakukan dimana saja, bisa dari rumah, kantor maupun tempat umum asalkan tersedia jaringan internet untuk melakukan aktivitas pemasaran.

Kekurangan Digital Marketing

Selain memiliki kelebihan, digital marketing pun memiliki kekurangan, sebagai digital marketing dituntut untuk bisa bekerja setiap waktu dan harus memiliki analisa serta kreatifitas yang tinggi.

Itulah pengertian dan cara kerja dari seorang digital marketing, semoga bagi teman teman yang sedang bingung dalam mencari arti dari digital marketing bisa terbantukan. Dan bagi temen temen yang sedang atau punya minat untuk terjun ke dunia digital marketing semoga bisa sukses. Amiiin

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name - City
Membeli Product Time

error: Content is protected !!