Tue. Nov 30th, 2021

pengertian affiliate marketing

Dengan berkembangnya teknologi saat ini memudahkan manusia dalam melakukan segala aktifitas mulai dari bekerja, belanja, atau sekedar mencari hiburan. Begitupun dengan cara mencari penghasilan, kini kita dimudahkan dengan adanya internet. Kita bisa menghasilkan uang dari rumah melalui internet.

Ada banyak cara yang bisa temen temen gunakan untuk mendapatkan penghasilan hanya dengan rebahan dari rumah, salah satunya adalah menjadi affiliate marketing. atau bisa dikatakan makelar online.

Arti dari affiliate marketing.
Bagi sebagian orang mungkin masih asing atau belum mengerti dengan istilah affiliate marketing. Affiliate marketing adalah suatu sistem penjualan dimana biasanya barang yang dijual tidak berbentuk fisik, contoh e-book, software, e-course dan lain lain.

Ciri dari affiliate marketing adalah, si penjual atau bisa disebut affiliate marketer mempromosikan produk yang dijual menggunakan link url yang sudah tertanam id dari si affiliate marketer, masing masing affiliate memiliki link url dengan id yang berbeda.

biasanya link url yang disebar terdapatk juga sistem cokies dimana cokies tersebut akan tersimpan di komputer calon pembeli, sehingga bila suatu saat dia membeli produk tersebut maka akan tercatat sebagai pelanggan dari pemilik url yang cokies nya tertanam di komputernya.

Bagaimana affiliate marketer mendapatkan penghasilannya?
Apabila ada transaksi pembelian dengan menggunakan link url yang sudah disebar maka akan tercatat disistem pemilik produk atau vendor, dari sini sivendor akan mengenali nama nama affiliate marketer yang berhasil menjual produk dari link url yang terdapat id masing masing.

Affiliate marketer akan mendapatkan nilai komisi dari hasil penjualannya sesuai dengan kesepakatan awal yang ditentukan oleh vendor produk tersebut, biasanya berkisar antara 10 – 30 % dari harga produk bahkan ada yang lebih, sesuai kebijakan dari si vendor.

Cara mencari vendor yang menyediakan affiliate produk.
Untuk mencari vendor affiliate temen temen bisa mencari di social media, biasanya sivendor akan mengiklankan produk nya, temen temen bisa kontak admin dari iklan tersebut apakah mengadakan sistem affiliate.

Bisa juga temen temen mencarinya dengan mengetikkan JV Kontes kemudian nama produk yang temen temen lihat iklannya Contoh “JV Kontes belajar membuat website”. Biasanya akan tampil sebuah website atau halaman atau group dimana si vendor melakukan koordinasi dengan para affiliate, temen temen bisa ikut bergabung disana.

Keuntungan dari Affiliate marketing.
Affiliate marketing sangat cocok untuk temen temen yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus meninggalkan pekerjaan dan juga tanpa keluar modal banyak hanya membutuhkan koneksi internet untuk mempromosikan produk. Beberapa keuntungan dari sistem affilaite marketing :

– Tanpa modal besar, hanya butuh koneksi internet
– Tidak perlu toko fisik, karena anda hanya menyebarkan link produk
– Tidak repot repot mengemas barang, karena semua vendor yang urus
– Tidak perlu keluar rumah, karena bisa dikerjakan di rumah asalkan ada koneksi internet.
– bisa dikerjakan sambil mengerjakan pekerjaan lain.

Kekurangan affiliate marketing.
Meskipun cara kerjanya tergolong mudah namun sebagai seorang affiliate marketer anda harus bersaing dengan banyak affiliate affiliate marketer lain yang biasanya mereka selalu menawarkan bonus kepada calon pembeli apabila mau membeli produk melalui link url nya.

Temen temen juga harus siap, karena bisa saja calon pembeli temen temen tiba tiba tercatat sebagai pembeli di affiliate orang lain, ini bisa terjadi karena saat pembelian dia menggunakan link orang lain yang dia dapat. sehingga cokies yang tertanam di komputernya tertimpa cokies dari link url teman anda.

Seperti itulah pengertian dari affiliate marketing, semoga bisa membuka wawasan temen temen yang baru memulai terjun ke dunia internet marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name - City
Membeli Product Time

error: Content is protected !!