Wed. Oct 20th, 2021

cara menjalankan bisnis online shop, ara menjalankan bisnis online agar sukses

Dijaman sekarang ini istilah bisnis online sudah tidak asing lagi bagi semua orang Indonesia, baik bagi orang yang memang terbiasa dengan Internet maupun yang jarang menggunakan Internet.

Banyak definisi yang diberikan pada istilah bisnis online, namun bisa kita simpulkan bahwa bisnis online adalah suatu tindakan atau prilaku seseorang untuk mendapatkan penghasilan melalui Internet.

Bagi kamu yang memiliki keterbatasan modal untuk berbsinis, bisnis online menjadi jalan keluar yang bisa dilakukan meskipun dengan modal yang terbatas.

Dengan adanya teknologi internet membuat semua menjadi lebih mudah, kalian bisa menjual apapun melalui internet dengan menggunakan media sosial tanpa harus memiliki toko fisik dan hanya membutuhkan kuota internet saja, inilah maka pilihan bisnis online menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang memiliki keterbatasan dana.

Sama halnya dengan bisnis offline, bisnis online pun memiliki keuntungan dan kekurangan, berikut ini beberapa keuntungan dan kekurangan bisnis online.

– Keuntungan bisnis online bagi penjual

1. Sebagai penjual dapat melakukan penjualan selama 24 jam, artinya barang yang kamu jual dengan cara upload di internet akan bisa dilihat oleh orang selama 24 jam dari mana saja asalkan memiliki kuota internet.

2.Barang yang kita jual bisa dilihat oleh siapapun dan dari manapun dengan menggunakan akses internet, sehingga peluang penjualan pun bisa menjadi lebih besar.

3.Menghemat waktu dan biaya, dengan berbisnis online sudah otomatis dapat menghemat waktu dan biaya kamu sebagai penjual, karena tidak membutuhkan toko fisik, bila barang mu barang fisik cukup bisa kamu stok dirumah.

– keuntungan bisnis online bagi pembeli

Selain keuntungan bagi penjual, bagi pembeli sendiri pun memiliki keuntungan antara lain sebagau berikut :

1. Karen bisa dilihat secara online maka pembeli dapat dengan cepat menemukan dan mendapatkan barang yang dibutuhkan, pembeli hanya mengetik nama barang dan mesin pencari akan mencarikan barang sesuai dengan nama atau kata kunci yang diketikkan

2. Harga yang didapatkan oleh pembeli cenderung lebih murah dibandingkan bila beli di toko konvensional, ini karena si penjual tidakĀ  membutuhkan banyak modal untuk toko online nya.

3. Transaksi yang mudah, hanya dengan pilih, klik dan bayar melalui transfer m-bangking maupun atm, pembeli sudah dapat membeli barang yang diinginkan dan tinggal menunggu barang sampai ke rumah tanpa harus ambil ke toko.

4. Pembeli dapat membandingkan harga dari satu toko ke toko yang lain dengan cepat. tanpa harus capai capai berjalan dari toko konvensional satu ke toko konvensioanl yang lain

Selain memiliki keuntungan atau kelebihan, bisnis online pun memiliki kekurangan kekurangan antara lain sebagai berikut :

1. Penjual harus rajin mempromosikan produk setiap hari, karena setiap saat akan ada produk produk pesaing baru yang diunggah.

2. Dikarenakan interaksinya tidak langsung atau melalui online maka resiko terjadinya penipuan pun tinggi.

3. Penjual harus memiliki atau memahami web atau toko online tempat memajang produk secara online.

4. Dengan media internet maka otomatis persaingan nya pun sangat banyak, bukan hanya satu daerah saja namun bisa seluruh dunia.

– jenis jenis bisnis online dan contoh nya

Nah setelah mengetahui pengertian dan kelebihan maupun kekurangan bisnis online kini saat nya kita mengetahui jenis jenis bisnis online dan contoh nya :

1. Bisnis online dengan menjual jasa.
Dengan maraknya pengguna internet maka membuka peluang juga untuk bisnis online jasa, kita menyediakan jasa yang berhubungan dengan internet.

Contoh bisnis online menjual jasa :

Jasa pembuatan website. jasa pembuatan toko online, jasa pembuatan konten untuk media social dan lain lain. Jenis bisnis jasa ini bisa dimanfaatkan oleh kalian yang memiliki skill desain.

2. Bisnis online menjualkan barang orang lain.
Jenis bisnis ini bisa kalian lakukan sebagai seorang pemula yang baru belajar berbisnis online karena jenis bisnis ini tidak membutuhkan banyak keterampilan maupun modal bahkan terkadang tanpa modal, hanya membutuhkan kuota internet.

Contoh bisnis online menjualkan barang orang lain.

– Drpoship :

Adalah sistem bisnis online dengan cara menawarkan barang orang lain dimana bila ada transaksi kamu hanya membantu atau sebagai perantara antara pembeli dan pemilik produk, biasanya kamu akan mendapatkan komisi setiap ada penjualan atau juga kamu bisa menaikkan harga jual barang dari harga produsen sesuai kesepakatan awal.

Biasanya barang yang diperjual belikan berupa barang fisik yang tidak perlu kamu stok dirumah, karena setiap ada transaksi maka penjual yang akan melakukan packing dan pengiriman ke pembeli.

– Reseller :
Adalah sistem bisnis online dimana kamu sebagai penjual, membeli terlebih dahulu barang yang akan kamu jual kembali, kemudian menaikkan harga awal untuk profit kamu.

dalam sistem reseller kamu sendiri yang harus stok barang, packing dan pengiriman barang apabila ada transaksi penjualan. Namun ada juga sistem dimana kamu bisa membeli terlebuh dulu dan barang kamu simpan ditempat produsen untuk kemudian dibantu packing dan pengiriman apabila ada transaksi penjualan

– Affiliate marketing:

Adalah sistem binsis online dimana kamu akan dibayar apabila ada transaski pembelian melalui refrensi atau link produk yang kamu promosikan. Biasanya barang atau produk yang dijual berupa produk digital seperti software, e-Course, ebook, Video tutorial.

Nah itulah pengertian dan cara menjalankan bisnis online untuk pemula beserta contoh contoh nya, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name - City
Membeli Product Time