Tue. Nov 30th, 2021

Bagi sebagian orang mungkin belum begitu mengerti atau bahkan belum tahu apa yang dimaksud dengan Dropship, bahkan mungkin temen temen yang sedang membaca posting saya ini sedang mencari arti dari Dropship.

Pengertian Dropship
Dropship adalah sistem jual beli dimana si penjual tidak memiliki barang, namun dia menjualkan barang milik produsen dimana barang yang diperjual belikan ada di tempat produsen.

Cara Kerja Dropship
Si penjual akan melakukan promosi menggunakan foto atau gambar barang yang diperoleh dari produsen beserta deskripsi barang yang dijual. si penjual akan menambahkan nominal pada harga yang diterima dari produsen untuk keuntungan nya sebagai penjual.
namun ada juga sistem komisi dimana harga yang dijual sama dengan harga yang diberikan oleh produsen, dimana keuntungan sipenjual didapat dari komisi yang telah disepakati dari awal.

Cara Mencari Suplier atau Produsen untuk Dropship
Bila anda tertarik untuk memulai sebagai dropshipper anda bisa mencari suplier produk disekitar anda atau bahkan mungkin ada saudara anda yang memproduksi sebuah produk anda bisa bantu menjualkan dengan menjadi dropshipper.

Anda juga bisa mencari suplier di marketplace marketplace, carilah penjual yang memiliki rating bagus dan balas chatting yang cepat supaya anda leluasa saat ada calon pembeli yang bertanya.

Buatlah kesepakatn diawal tentang bagaimana sistem pembayarannya dan sistem komisinya apakah ada komisi ataukah anda tambahkan sendiri nominal harga awal sebagai keuntungan anda.

Cara promosi barang dropship
Setelah anda mendapatkan suplier dari produk yang ingin anda jual, anda bisa berpromosi ke temen temen terdekat anda atau bisa juga menggunakan facebook maupun media social lain yang anda miliki.

Gambaran transaksi dropship
Sebagai gambaran apabila anda sudah berpromosi maka calon pembeli akan kontak anda dan menanyakan detail produk, bila calon pembeli berminat dan menanyakan harga maka informasikan harga yang sudah anda tambahkan dari harga awala sebagai keuntungan anda.

Pembeli akan transfer sejumlah nilai yang telah anda informasikan ke rekening anda, dan memberikan detail alamat pengiriman. Kemudian anda melanjutkan pemesanan kepada produsen dengan transfer nominal harga yang sudah dikurangi nilai keuntungan anada sebagai penjual, anda informasikan juga detail alamat pengiriman.

Anda akan menerima nomor resi pengiriman dari produsen, segera informasikan kepada pembeli, sampai disini pekerjaan anda selesai.

Kelebihan dari Dropship
Sistem dropship sangat cocok bagi temen temen yang sedang memulai untuk membuka usaha tanpa memiliki modal dengan minim resiko, sistem dropship memilki banyak kelebihan sebagi berikut :

  • Tidak memerlukan modal besar, hanya butuh modal bisa ngomong untuk promosi
  • Tidak khawatir barang tidak laku karena barang punya produsen
  • Tidak perlu stok
  • Tidak membutuhkan tempat atau gudang untuk stok barang
  • Tidak repot packing

Kekurangan sistem Dropship
Selain memiliki kelebihan, sistem dropship juga memiliki kekurangan dari segi penjual yang harus temen temen ketahui antara lain sebagai berikut :

  • Barang yang kita jual terkadang kehabisan stok saat ada penjual ini dikarenakan si produsen tidak hanya memiliki satu dropshipper tapi selain anda juga banyak dropshipper dropshipper lain sehingga siapa cepat dia yang dapat.
  • Barang yang dijual tidak bisa dilihat atau dicek oleh penjual, hanya gambar dan deskripsi yang dimiliki.
  • Sebagai dropshipper akan kurang leluasa dalam memasarkan produk dikarenakan tenggang waktu dimana terkadang stok produk sudah habis tanpa kita tahu dari awal.
  • Sedikit kesulitan apabila ada pembeli yang menginginkan COD

Nah begitulah pengertian dari Dropship dan bagaimana cara kerjanya sebagai dropshipper. semoga ulasan ini membantu bagi anda yang sedang mencari arti Dropship.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name - City
Membeli Product Time

error: Content is protected !!