Tue. Nov 30th, 2021

Tips Memulai Youtube Pemula

Dunia Youtube memang penuh dengan tantangan apalagi disaat sekarang ini dimana media youtube sangat populer di masyarakat banyak dari mereka memanfaatkan youtube untuk sarana mencari informasi dan belajar hal hal baru. Kini kebiasaan orang mulai bergeser dari nonton tv menjadi nonton youtube.

Buat kalian yang memiliki keinginan menjadi seorang youtuber untuk sarana berbagi informasi maupun untuk mendapatkan penghasilan, saat inilah waktu yang tepat untuk segera membangun channel youtube kalian dan mulailah berbagi dengan dunia melalui karya karya kalian.

Berikut ini tujuh tips membangun channel youtube agar berkembang dan beberapa alasan mengapa channel youtube kamu susah berkembang:

  1. Mulai saja jangan banyak pikir

Mulailah membuat channel youtube dan video pertamamu, jangan menunggu nunggu waktu yang tepat ataupun momen yang pas, saat inilah waktu yang tepat tidak ada kata nanti maupun belum siap. Semua orang pasti pernah merasakan hal pertama, bila kalian berpikir bahwa ingin membuat video pertama dengan sempurna, yakinlah bahwa sampai kapan pun kalian tidak akan pernah membuatnya.

Semua youtuber profesional saat ini yang memiliki berjuta juta subscriber pun pasti memiliki video awal yang jelek, namun dari situ mereka terus memperbaiki dan memperbaiki hingga bisa menjadi saat ini. Poin yang ingin kami sampaikan disini adalah mulailah meskipun dengan ketidak sempurnaan. karena dengan seiring berjalannya waktu kualitas video dan cara penyampain mu pasti akan meningkat menjadi lebih baik.

  1. Maksimalkan Pertemanan Untuk Promosi Channel Kalian.

Setelah membuat Channel Youtube, mulailah memperkenalkan channel kalian kepada saudara dan teman teman terdekat  kalian. Gunakan media sosial yang dimilik,i ajak mereka berinteraksi dan kenalkan channel kalian. 

Mulailah membuat postingan rangkuman dari video yang telah kalian unggah di channel youtube kemudian sertakan link channel maupun link youtube kalian agar teman teman kalian penasaran dan akhirnya melihat video kalian.

Hindari membagikan tautan video atau channel kalian dengan cara spam, cara ini tidak bagus bahkan cenderung berbahaya, terkadang ada orang yang tidak berkenan dan akhirnya mereka melaporkan tindakan kalian dan ini bisa menghilangkan channel youtube yang kalian miliki

  1. Usahakan Channel Yang Kqliqn Buat Fokus Pada Satu Tema

Fokuslah pada satu tema untuk youtube kalian, usahakan tema yang kalian sampaikan di channel adalah tema yang merupakan kesukaan dan hobby kalian atau tema yang membuat kalian rela bekerja siang malam membuat video.

Dengan mengambil tema yang memang benar benar menjadi kesukaan atau minta kalian maka akan memubuat pekerjaan membuat video dan mengembagkan channel menjadi sebuah pekerjaan yang mengasyikkan. Contoh kalian menyukai perkebunan, buatlah video video yang bertemakan berkebun, mulai dari tips, cara ataupun masalah dalam berkebun.

Atau jika kalian minat dengan dunia desain, buatlah video video tentang desain, tips dan trik, tutorial desain dan lain sebagainya yang masih relevan dengan dunia desain. Mulai lah dari hal hal yang kecil, temukan masalah di sekitar kalian dan pecahkan masalah tersebut dengan video kalian.

Bargabunglah dalam komunitas yang memiliki minat yang sama dengan kalian, lihat dan dalami apa kesulitan mereka apa yang mereka butuhkan dan bantulah mereka dengan video yang kalian buat.

  1. Kunjungi Channel Youtube Lain Yang Memiliki Tema Sama Dengan Kalian.

Rajinlah mengunjungi channel channel youtube yang memiliki kesamaan tema dengan channel kalian, berinteraksilah disana like dan komen setiap video yang mereka buat. Orang akan senang bila ada yang like dan komen positif di video mereka, ini secara tidak langsung akan membuat orang tersebut pun akan memiliki keinginan untuk berkunjung ke channel kalian dan melakukan hal yang sama seperti yang kalian lakukan, melakukan like komen bahkan subscribe.

Hindari meminta like atau subscribe balik di kolom komentar, karena cara ini kurang elegan, fokuslah pada interaksi dan perbaiki konten kalian, hal ini bila terus menerus kalian lakukan maka orang lain yang ikut berkomentar di video tersebut pun ada kemungkinan merasa penasaran pada kalian dan akhirnya berkunjung ke channel kalian.

Saat ini ada beberapa layanan saling subscribe, namun kami tidak merekomendasikan hal seperti ini, selain melanggar aturan, sistem seperti ini tidak akan bertahan lama, ini hanya akan membuat channel kalian ramai sesaat untuk kemudian ditinggalkan. Percayalah hal yang instan akan cepat hilang dan hal yang natural akan bertahan dan berkembang.

  1. Setting Channel Dan Video Kalian Dengan Maksimal Agar Mudah Ditemukan

Fokuslah membenahi dan memperbaiki konten video kalian, optimasi segala hal yang membuat video kalian bisa ditemukan orang atau bahkan direkomendasikan oleh youtube. Buatlah video dengan kualitas bagus, Buat judul yang menarik namun tetap sesuai dengan video yang kamu buat.

Buatlah thumbnail yang bagus, memikat dan membuat orang penasaran untuk melihat video kalian, Ibarat sebuah buku, thumbnail adalah cover buku, pertama kali orang akan melihat cover atau tampilan sampul dari buku, bila sampul terlihat bagus dan menarik maka orang akan mulai membuka buku tersebut. Begitu juga dengan thumbnail Youtube.

Memaksimalkan kata kunci untuk tag. Lakukan riset pencarian kata kunci yang memiliki pencarian tinggi namun minim persaingan, gunakan tools riset keyword yang tersedia secara gratis di internet. Luangkan waktu kalian untuk mencari kata kunci atau contoh video serupa dengan kalian yang memiliki viewers banyak. dan buatlah video yang serupa namun tak sama. Kalian juga bisa melihat kata kunci yang dipakai oleh kompetitor yang membuat video sama dengan kalian dan memiliki peringkat bagus di youtube dengan menggunakan tool TubeBuddy

Buatlah Playlist untuk video video yang telah kalian buat, dengan membuat playlist akan memudahkan pengunjung untuk melihat atau mendapatkan video yang masih berhubungan antara satu dengan yang lainnya.

Buatlah deskripsi video yang menarik dan menggambarkan isi dari video kalian secara garis besar. Isi juga tautan video milik kalian lainnya yang masih berhubungan dengan video tersebut di dalam kolom deskripsi

  1. Buatlah Konten Yang Berkualitas.

Berbagai macam alasan seseorang dalam mencari video di saluran youtube, ada yang mencari hiburan, ada yang mencari tutorial, ada yang mencari jawaban dan lain sebagainya. Fokuslah pada konten video kalian, bila channel kalian bertemakan hiburan maka buatlah video yang membuat pengunjung merasa terhibur setelah melihat konten video kalian.

Bila channel kalian bertemakan tutorial, maka buatlah video yang akan membuat pengunjung mendapatkan ilmu baru dari tutorial yang kalian bagikan di channel youtube. Buatlah seolah olah kalian berada disisi pengunjung sehingga kalian akan mendapatkan pencerahan dalam membuat sebuah konten.

  1. Selalu Analisa Video Kalian

Amati dan terus belajar dalam meningkatkan kualitas konten yang kalian buat, lihatlah video video yang serupa dengan kalian namun memiliki viewers yang lebih banyak, jadikan itu sebagai bahan untuk memperbaiki konten kalian.

Buatlah pertanyaan atau ajak subscriber kalian untuk memberikan saran atau memberikan permintaan mengenai video apa yang ingin mereka dapatkan, atau masukkan tentang video video kalian.

Terus berupaya untuk kembangkan diri kalian dan fokus pada audiens kalian supaya channel kalian selalu berkembang.

Nah itulah 7 tips untuk youtuber pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name - City
Membeli Product Time

error: Content is protected !!